SPESIFIKASI
KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
<Nama
Proyek>
untuk:
<nama pelanggan>
Dipersiapkan oleh:
<Nama Pelaksana Proyek>
Program
Studi Sistem Komputer
Sekolah
Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer
(STMIK)
STIKOM Bali
2014
|
Program Studi Sistem Komputer
STMIK STIKOM Bali
|
Nomor Dokumen
|
Halaman
|
|
GL01-xxx <x: id proyek>
Atau SKPL-xxx |
<#>/<jml #
|
|||
Revisi
|
<nomor revisi>
|
Tgl: <isi tanggal>
|
||
DAFTAR PERUBAHAN
Revisi
|
Deskripsi
|
A
|
|
B
|
|
C
|
|
D
|
|
E
|
|
F
|
|
G
|
|
INDEX
|
-
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
TGL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ditulis
oleh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Diperiksa
oleh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disetujui
oleh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Daftar Halaman Perubahan
Halaman
|
Revisi
|
Halaman
|
Revisi
|
|
|
|
|
Daftar Isi
1. Pendahuluan.......................................................................................................................................................................... 6
1.1 Tujuan Penulisan Dokumen.................................................................................................................................. 6
1.2 Lingkup Masalah..................................................................................................................................................... 6
1.3 Definisi, Istilah, dan Akronim............................................................................................................................... 6
1.4 Aturan Penomoran dan Penamaan........................................................................................................................ 6
1.4.1 Aturan Penomoran dan Penamaan Spesifikasi Kebutuhan..................................................................... 6
1.4.2 Aturan Penomoran dan Penamaan Tabel................................................................................................... 6
1.4.3 Aturan Penomoran dan Penamaan Fungsi / Proses................................................................................... 6
1.5 Referensi................................................................................................................................................................... 6
1.6 Deskripsi Umum Dokumen.................................................................................................................................... 6
2 Deskripsi Umum Perangkat
Lunak................................................................................................................................ 6
2.1 Deskripsi Umum Sistem......................................................................................................................................... 7
2.2 Fungsi Produk.......................................................................................................................................................... 7
2.3 Karakteristik Pengguna........................................................................................................................................... 7
2.4 Batasan-batasan....................................................................................................................................................... 7
2.5 Lingkungan Operasi................................................................................................................................................ 7
3 Deskripsi Umum Kebutuhan.......................................................................................................................................... 7
3.1 Kebutuhan antarmuka
eksternal........................................................................................................................... 7
3.1.1 Antarmuka pemakai....................................................................................................................................... 7
3.1.2 Antarmuka perangkat keras.......................................................................................................................... 7
3.1.3 Antarmuka perangkat lunak......................................................................................................................... 7
3.1.4 Antarmuka komunikasi................................................................................................................................. 7
3.2 Kebutuhan Fungsional........................................................................................................................................... 7
3.2.1 Aliran informasi.............................................................................................................................................. 7
3.2.1.1 DFD 1........................................................................................................................................................... 7
3.2.1.2 DFD 2 dan seterusnya................................................................................................................................ 7
3.2.2 Deskripsi proses.............................................................................................................................................. 7
3.2.2.1 Proses 1........................................................................................................................................................ 7
3.2.2.2 Proses 2 dan seterusnya............................................................................................................................. 7
3.3 Data Requirement.................................................................................................................................................... 8
3.3.1 ER Diagram...................................................................................................................................................... 8
3.4 Deskripsi Kebutuhan Non
Fungsional................................................................................................................. 8
3.5 Batasan Perancangan.............................................................................................................................................. 8
3.6 Kerunutan (traceability)......................................................................................................................................... 8
3.6.1 Data Store vs ER Diagram............................................................................................................................. 8
3.7 Ringkasan Kebutuhan............................................................................................................................................ 8
3.7.1 Ringkasan Kebutuhan
Fungsional.............................................................................................................. 8
3.7.2 Ringkasan Kebutuhan Non
Fungsional...................................................................................................... 8
Lampiran................................................................................................................................................................................ 8
Lampiran lain yang dianggap perlu............................................................................................................................... 8
Daftar Gambar
Hanya dicantumkan dan diisi jika ada gambar pada badan dokumen
Daftar Tabel
Hanya dicantumkan dan diisi jika ada tabel pada badan dokumen
Daftar Lampiran
Hanya dicantumkan dan diisi jika ada lampiran setelah badan dokumen
1. Pendahuluan
1.1 Tujuan Penulisan Dokumen
1.2 Lingkup Masalah
1.3 Definisi, Istilah, dan Akronim
1.4 Aturan Penomoran dan Penamaan
1.4.1 Aturan Penomoran dan Penamaan Spesifikasi Kebutuhan
Setiap kebutuhan
perangkat lunak dalam dokumen ini akan diberi penomoran dengan format :
SKPL-JK-XX.Y <nama
proyek>, dengan :
·
JK adalah jenis
kebutuhan. JK dapat diisi dengan :
·
F untuk jenis
kebutuhan fungsional
·
NF untuk jenis
kebutuhan non fungsional
·
XX adalah nomor
kebutuhan fungsi (dua digit) dimulai dari 00, 01, 02, …
·
Y adalah nomor fungsi
rinci, yang diturunkan dari kebutuhan nomor XX. Jika suatu kebutuhan
bukan turunan maka nilai Y diisi 0.
1.4.2 Aturan Penomoran dan Penamaan Tabel
Tabel diberi nama awalan huruf T kapital, diikuti dengan nama entitas
tabel tersebut. Tiap karakter awal kata dalam nama entitas tabel, dimulai
dengan huruf kapital, tanpa adanya spasi antar kata bila nama entitas lebih
dari satu kata. Penomoran tabel mengikuti format TAB-X, dengan X menyatakan
nomor urut tabel.
Contoh :
TAB-1 TDosen
TAB-2 TStandarKredit
1.4.3 Aturan Penomoran dan Penamaan Fungsi / Proses
Penomoran fungsi menurut format FS-X, FS-X.Y, FS-X.Y.Z, dan seterusnya,
dengan X,Y,Z menyatakan tingkatan level fungsi/proses pada Data Flow Diagram
(DFD) sesuai dengan kedalaman fungsi. Setiap fungsi diberi nama sesuai dengan
deskripsinya.
Contoh :
FS-1.1 Validasi Pengguna
FS-1.3.1 Pemilihan Menu
1.5 Referensi
1.6 Deskripsi Umum Dokumen
2 Deskripsi Umum Perangkat Lunak
2.1 Deskripsi Umum Sistem
2.2 Fungsi Produk
1.
(SKPL-F-01)
Dapat mengelola data dosen
2.
(SKPL-F-02)
Dapat mengelola data mahasiswa
2.3 Karakteristik Pengguna
2.4 Batasan-batasan
2.5 Lingkungan Operasi
3 Deskripsi Umum Kebutuhan
3.1 Kebutuhan antarmuka eksternal
3.1.1 Antarmuka pemakai
3.1.2 Antarmuka perangkat keras
3.1.3 Antarmuka perangkat lunak
3.1.4 Antarmuka komunikasi
3.2 Deskripsi Fungsional
3.2.1 DFD Level 1
Termasuk di
dalamnya deskripsi dari proses yang ada di dalam DFD, contoh:
Proses
|
Data Masuk
|
Data Keluar
|
Deskripsi Proses
|
|
|
|
|
3.2.2 DFD Level 2 dan seterusnya
3.3 Data Requirement
3.3.1 ER Diagram
3.4 Deskripsi Kebutuhan Non Fungsional
No. SKPL
|
Parameter
|
Kebutuhan
|
(SKPL-NF-01.0) PLAKAT
|
Response Time
|
Pengguna menerima indikasi reaksi PLAKAT
terhadap aksinya maksimal 3 detik setelah aksi dilakukan
|
(SKPL-NF-02.0) PLAKAT
|
Availability
|
Perangkat lunak berjalan selama jam kerja
Departemen Teknik Informatika ITB, yaitu dari hari Senin sampai Jumat, pukul
07.00 sampai pukul 17.00
|
(SKPL-NF-03.0) PLAKAT
|
Portability
|
Perangkat lunak dapat diinstall pada
computer yang diminta pelanggan, asalkan memenuhi batasan lingkungan operasi
yang diperlukan perangkat lunak
|
(SKPL-NF-05.0) PLAKAT
|
Ergonomy
|
Tampilan antarmuka menggunakan Graphical
User Interface (GUI)
|
(SKPL-NF-06.0) PLAKAT
|
Ergonomy
|
Perangkat lunak menggunakan format menu
seperti pada perangkat lunak yang biasa terdapat pada sistem operasi Windows
9x
|
(SKPL-NF-07.0) PLAKAT
|
Ergonomy
|
Perangkat lunak menggunakan bahasa
Indonesia untuk antarmuka dan komunikasi dengan pengguna
|
(SKPL-NF-08.0) PLAKAT
|
Ergonomy
|
Perangkat lunak akan menampilkan logo
Departemen Teknik Informatika di setiap layar antarmuka
|
3.5 Batasan Perancangan
3.6 Kerunutan (traceability)
3.6.1 Data Store vs ER Diagram
Data
Store
|
Entitas
|
Relasi
|
Pegawai
|
Pegawai
|
|
Potongan
|
|
Mempunyai
potongan
|
3.7 Ringkasan Kebutuhan
3.7.1 Ringkasan Kebutuhan Fungsional
Nomor
|
Kebutuhan
Fungsional
|
(SKPL-F-01.1)
|
Mengubah
data dosen
|
(SKPL-F-01.2)
|
Menghapus
data dosen
|
0 comments:
Post a Comment