Tuesday, March 4, 2014

Pengertian dan Perintah-perintah dasar dalam SQL

Pengertian SQL merupakan kepanjangan dari Structured Query Language, yang berarti SQL adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk melakukan implementasi terhadap data yang disimpan pada sebuah basis data (database). Seperti halnya dalam pembuatan program aplikasi komputer, kita menggunakan bahasa pemrograman untuk membangunnya. Begitu juga untuk pembuatan database, digunakan bahasa SQL untuk membangun sebuah database.

Pengertian SQL

Pengertian SQL terdiri dari sekumpulan perintah-perintah yang digunakan untuk mengakses data pada sebuah database relasional. Bisa dibilang SQL merupakan bahasa baku untuk sebuah Relational Database Management System (RDBMS) yang Saat ini hampir digunakan oleh semua server basis data yang mendukung bahasa SQL untuk melakukan manajemen datanya. Bahasa SQL telah diresmikan sebagai bahasa komputer yang mengikuti standar ANSI (American Nasional Standard Institute) sebagai bahasa dalam manajemen database relasional.
Sejarah SQL pertamakali dirancang pada tahun 1970 oleh peneliti dari IBM bernama EF Codd dengan artikelnya yang berisi tenteng pembahasan ide-ide ntuk pembuatan basis data relasional. Pada artikel tersebut juga membahas kemungkinan penggunaan bahasa standar untuk mengakses sebuah basis data untuk menjalankan fungsi database. Lalu tercetus SEQUEL (Structured English Query Language)sebagai nama bahasa relasional database tersebut.
Setelah terbitnya artikel tersebut, lalu IBM mengambil alih proyek untuk pembuatan basis data relasional yang berbasis pada penggunaan bahasa SEQUEL. Kemudian setelah permasalahan hukum karena penggunaan nama SEQUEL, lalu dirubah menjadi SQL. Kepopuleran SQL semakin diperkuat dengan dibangunnya sebuah server basis data dari perusahaan besar Oracle. yang melambungkan SQL sebagai bahasa dalam menejemen basis data. Yang kenudian diikuti dengan database server terkemuka seperti Database MySQL yang banyak digunakan sampai saat ini.

Perintah SQL

Pengertian SQL adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses basis data relasional yang terdiri dari perintah-perintah. Perintah SQL (query) inilah yang menjalankan fungsi seperti mengambil data dari database, menambahkan data ke database, menghapus data di dalam database, dan mengubah data di dalam database.
Perintah SQL dibagi menjadi 3 yaitu :
1. DDL (Data Definition Language)
DDL adalah perintah SQL yang melakukan pendefinisian terhadap sebuah struktur database, yang meliputi struktur database dan table. Perintah SQL pada DDL termasuk seperti berikut :
  • CREATE
  • ALTER
  • RENAME
  • DROP

2. DML (Data Manipulation Language)
DML merupakan perintah SQL yang berhubungan pada perilaku manipulasi atau pengolahan data atau record yang ada dalam table. Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain :
  • SELECT
  • INSERT
  • UPDATE
  • DELETE
3. DCL (Data Control Language)
DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pengaturan hak akses user, baik terhadap server, database, table maupun field. Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain :
  • GRANT
  • REVOKE
Setiap perintah SQL tersebut dapat digunakan pada pernyataan perintah SQL dengan menggambungkan klausa-klausa lain untuk menghasilkan data secara spesifik yang dibutuhkan oleh user.

0 comments:

Post a Comment