Tuesday, March 4, 2014

Klasifikasi Jenis-jenis Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak dapat dibeli di toko komputer ritel lokal dan online dan biasanya disertakan dalam sebuah kotak yang dilengkapi dengan cara penggunaan. Kotak ini biasanya berisi semua disk (disket floppy ,CD ,DVD atau Blue ray) yang diperlukan untuk menginstal program ke komputer dengan garansi dan sebagainya. Software juga dapat didownload ke komputer melalui Internet, Setelah di download, file bisa di setup dan dapat dijalankan untuk memulai instalasi program pada komputer.
Saat ini ada berbagai jenis perangkat lunak komputer yang beedar luas dipasaran. Berikut ini adalah klasifikasi jenisnya :

  • Perangkat lunak aplikasi – Perangkat lunak ini juga disebut sebagai aplikasi atau “app”. Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pekerjaan dengan komputer seperti, software untuk membuat tutorial. Beberapa contoh perangkat lunak aplikasi adalah Microsoft Office, Winamp , Microsoft Excel , Adobe Reader, Photoshop dan masih banyak lagi. Pengguna komputer, biasanya paling sering menggunakan jenis peangkat lunak, aplikasi ini.
  • Perangkat lunak bahasa pemrograman – Bahasa pemrograman komputer adalah bahasa buatan yang terdiri dari sintaks dan kata kunci yang telah ditetapkan. Bahasa pemrograman, termasuk bahasa C + + , Java , Cobol dan C. Bahasa-bahasa inilah yang digunakan untuk menulis sebagian besar perangkat lunak aplikasi dan melakukan pengontrolan terhadap perilaku perangkat lunak aplikasi atau komputer itu sendiri.
  • Perangkat lunak sistem operasi – Jenis perangkat lunak komputer ini, terdiri dari sistem operasi seperti Microsoft Windows , Mac OSX , Linux , dan sistem operasi android yang dikembangkan untuk smarphone. Sistem operasi inilah, yang membantu perangkat keras komputer untuk mengoperasikan dan terhubung dengan perangkat lunak aplikasi.
  • Perangkat lunak middleware – Jenis software ini, terdiri dari layanan yang berinteraksi dengan perangkat lunak aplikasi atau perangkat lunak jenis lain pada komputer, contohnya adalah webserver dan server aplikasi. Perangkat lunak ini, benar-benar beroperasi antara perangkat lunak aplikasi dan sistem operasi. Beberapa contoh webserver adalah Apache HTTP Server, Microsoft Internet Information Services (IIS), dan Sun Java System Web Server. Sedangkan aplikasi server seperti, search engine yaitu Google, Bing, Yahoo dan sebagainya.
  • Perangkat lunak device driver – Jenis perangkat lunak komputer ini berguna untuk mengontrol hard disk, printer, DVD / CD drive, monitor komputer atau keseluruhan perangkat keras terhadap komputer. Device driver biasanya dapat didownload gratis secara online. Perangkat lunak ini akan memastikan bahwa perangkat keras, akan berfungsi dengan baik pada komputer.

0 comments:

Post a Comment