Tuesday, March 4, 2014

5 Cara Merawat Laptop Yang Mudah Dilakukan


Berbagai gadget memerlukan perhatian khusus agar terus dapat digunakan dengan baik, seperti cara merawat laptop dengan baik agar tetap awet dan berfungsi secara baik. Berbagai komponen yang ada di dalam laptop merupakan bagian-bagian penting yang menunjang performa. Untuk itulah berbagai perawatan laptop dapat digunakan untuk membuat performanya tetap terjaga.

5 Cara Merawat Laptop Yang Mudah Dilakukan

Laptop sebenarnya termasuk jenis gadget sensitif dengan berbagai perangkat di dalamnya yang membutuhkan cara merawat laptop dengan baik, berikut ini beberapa cara merawat laptop yang bisa dilakukan sehari-hari :
  1. Menjaga keyboard laptop – Bekerja di depan laptop ditemani cemilan dan minuman memang enak tapi sisa kue bisa berjatuhan pada keyboard atau air minum yang tumpah pada laptop bisa membahayakan komponen laptop. Barang elektronik yang terkena cairan dapat merusak komponen elektronik mikro yang bisa menyebabkan cedera listrik untuk laptop. Hubungan arus pendek pada laptop dapat merusak data, bahkan kerusakan permanen pada bagian tertentu.
  2. Melindungi layar monitor LCD - Ketika menutup laptop, pastikan tidak ada benda-benda kecil, seperti pensil dan sebagainya. Benda tersebut dapat merusak tampilan layar ketika tertutup, layar akan tersebut jika item tersebut kasar. Tutup laptop dengan penutup lembut dan menahannya pada sisi tengah. Menutupnya hanya menggunakan salah satu sisinya, dapat menyebabkan tekanan pada engsel tersebut.
  3. Jangan menarik kabel listrik – Jangan menarik kabel listrik saat mencabut dari soket listrik. Tempatkan tangan secara langsung pada steker di soket, kemudian menariknya. Hindari juga, kaki anda yang menabrak steker karena bisa patah. Tempatkan kabel ke meja agar dapat dengan mudah untuk mencabutnya ketika selesai menggunakan laptop.
  4. Hindari barang berat di atas laptop – Berbagai hal yang dapat mendorong layar LCD ke keyboard dan akhirnya akan merusak adalah dengan menaruh benda di atas laptop seperti buku dan sebagainya.
  5. Perhatikan suhu saat menggunakan laptop – Ketika membawa laptop di dalam ruangan selama musim dingin, jangan hidupkan segera biarkan laptop hangat, sampai mencapai suhu kamar untuk menghindari potensi kerusakan pada disk drive. Hindari juga paparan panas dari sinar matahari yang berlebihan.

Cara Merawat Laptop Dari Ancaman Cyber Crime

Bagian hardware laptop yang sudah baik, harus ditunjang pula dengan kondisi software laptop yang terbebas dari jenis malware berbahaya untuk komputer dan berbagai ancaman lain. Berikut ini beberapa cara merawat laptop dengan baik untuk menghindari malware :
  • Gunakan anti virus terbaru – Pastikan laptop anda mendapatkan program anti -virus. Membeli anti virus dan tidak diperbaharui sebelum enam bulan berikutnya, benar-benar tidak memberikan manfaat apa-apa. Laptop bisa terkena ratusan dan ribuan virus baru setiap bulan jika anti virus tidak update. Sebagian besar program anti virus memiliki metode update otomatis, dengan menghilangkan fungsi tersebut, anda harus ingat untuk melakukannya secara manual .
  • Gunakan firewall - Selalu menggunakan firewall di Internet atau pada jaringan komputer, bahkan jika sistem operasi android yang dibundel dengan firewall atau membeli dari salah satu dari perusahaan seperti Norton. Sistem keamanan dapatmemperkecil peluang kejahatan di dunia maya. Menghalangi semua port yang tidak perlu dan menutup semua celah akan mencegah hacker atau virus, bebas masuk pada hard drive.
Cara merawat laptop dengan baik merupakan kombinasi yang seimbang antara hardware dan software yang berfungsi dengan baik

0 comments:

Post a Comment