Tuesday, March 4, 2014

Pengenalan, Pengertian Blog dan Website Serta Perbedaannya

Pengertian Blog dan Website terkadang membuat sebagian orang menjadi bingung. Tidak banyak orang mengetahui apakah perbedaan di antara keduanya, atau baik blog atau website memiliki pengertian yang sama? Memang ada banyak yang salah mengartikan baik website atau blog itu sendiri. Ada yang menyebut blog dan tidak sedikit pula yang menyebut web atau website untuk panggilan situs mereka.

Pengertian Blog

Pengertian Blog adalah suatu web yang bersifat informasi dan edukatif yang konten didalamnya diupdate rutin mengenai segala informasi yang berhubungan dengan tujuan atau niche blog tersebut. Sebuah blog memiliki kriteria sebagai berikut :
Kriteria Blog
  1. Bersifat informatif yang memuat informasi sesuai dengan niche blog atau info penting yang dirasa perlu ditulis oleh admin atau pemilik blog tersebut.
  2. Non formal, bersifat pendukung, dan bersifat pribadi. Sebuah blog biasanya digunakan untuk keperluan non formal dan untuk pribadi.
Kemudahan cara membuat blog memang membuat setiap website ditunjang agar lebih maksimal untuk menjaring pengunjung atau sebagai media penyampaian informasi perusahaan.

Pengertian Website

Berbeda dengan blog, website lebih ke arah static dan bersifat utama bukan untuk pendukung. Pengertian Website adalah suatu situs unik dan memiliki satu nama domain dan mungkin memiliki sub domain dan terdiri dari page atau halaman halaman yang menjelaskan mengenai web itu sendiri.
Kriteria Website
  1. Memiliki nama domain atau TLD yang resmi (contoh .com, .net, .org, co.id, web.id, dsb)
  2. Bersifat formal dan profesional
  3. Komunikasi bersifat satu arah
  4. Bersifat transaksional
Website merupakan suatu ceminan terhadap suatu organisasi atau perusahaan dan brand saat ini untuk memenuhi tuntutan dunia Internet yang semakin pesat. Dengan website suatu organisasi atau perusahaan dapat mempromosikan dirinya dengan mudah.

Perbedaan Blog dengan Website

Perbedaan blog dengan website secara garis besar adalah seperti air dalam gelas, website bertindak sebagai gelas dan air sebagai blognya. Artinya blog terdapat dalam sebuah website dan didalam website dapat terdapat blog. Keduanya saling mendukung untuk memperoleh sebuah web yang baik dan berkualitas.
Contoh Blog :
  • blablabla.blogspot.com, sebuah blog dalam website blogspot.com (vendor blog gratis)
  • Blablabla.wordpress.com, sebuah blog dalam website wordpress.com (vendor blog gratis)
  • blogging.co.id/blog/artikel1, blogging.co.id/blog/artikel2. Artikel 1 dan artikel dua yang terdapat pada blog blogging.co.id
Contoh website :
  • Detik.com
  • Kompas.com
  • Blogging.co.id
Bisa dikatakan sebuah blog terdapat dalam sebuah website dan sebuah website dapat terdapat beberapa blog.

0 comments:

Post a Comment