Tuesday, March 4, 2014

Pengertian MySQL Server

Pengertian mysql termasuk ke dalam jenis software pada Relational Database Management System (RDBMS) pada sebuah manajemen database sebagai basis data. Pada sebuah perusahaan misalnya, penggunaan sistem informasi dilakukan untuk menyimpan banyak data yang jumlahnya tidak terbatas. Lalu data tersebut dapat diolah untuk kepentingan tertentu secara sedemikian rupa untuk kebutuhan tersebut.
Mysql telah sejak lama digunakan sebagai perangkat lunak yang digunakan dalam pengolahan data dengan menggunakan bahasa SQL, sebagai konsep pengoperasian basis data (database).

Pengertian MySQL

Pada dasarnya MySQL adalah turunan salah satu konsep utama pada basis data yang sebelumnya sudah ada yaitu SQL (Structured Query Language). MySQL adalah sebuah implementasi dari RDBMS yang dapat digunakan secara bebas dab gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL).  Namun terdapat MySQL yang dijual dibawah lisensi komersial untuk penggunaan fungsi database yang kurang cocok pada konsep GPL.
MySQL dibuat oleh TcX  yang dipercaya untuk mengelola system yang terdiri dari 40 buah database dengan 10.000 tabel, kemudian diantaranya memiliki 7 juta baris. MySQL secara komersil disponsori oleh MyAB yang merupakan perusahaan komersial Swedia dan memiliki MySQL. Para pendiri MySQL AB adalah berasal dari Swedia David Axmark, Allan Larsson dan satu orang Finlandia bernama Michael “Monty” Widenius.
Saat ini penggunaan database MySQL merupakan database server yang banyak digunakan di dunia yang  yang multi thread dan multi-user. Lalu seiring berjalannya waktu, kemudian SQL juga dikembangan oleh Oracle, Informix dan Sybase.

Kelebihan Database MySQL

Sebuah sistem basis data (DBMS) yang handal dapat dilihat dari mekanisme cara kerja yang optimal dalam melakukan eksekusi proses pada perintah-perintah SQL (query) yang dibuat oleh para penggunanya dan juga pada program-program aplikasi atau bahasa pemrograman yang memanfaatkannya. Berikut ini keistimewaan MySQL :
  • Bersifat Sumber terbuka (open source) – Perangkat lunak MySQL dapat disebarluaskan secara gratis dengan source cide yang dapat digunakan secara luas.
  • Banyak pengguna – Database MySQL dapat dipakai oleh lebih dari pengguna dalam waktu tertentu secara bersamaan tanpa mengalami gangguan atau konflik.
  • Efektif dan portabilitas – Hal ini berarti MySQL dapat berjalan dengan stabil untuk berbagai platform sistem operasi Linux, Windows, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
  • Banyak tipe data – MySQL mendukung berbagai jenis tipe data dan bervariasi seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
  • Perintah dan Fungsi – Penggunaan operator dan fungsi pada MySQL secara penuh yang mendukung perintah “Select” dan “Where” dalam perintah SQL (query).
  • Keamanan – memiliki beberapa lapisan keamanan seperti password yang telah dilakukan enkripsi.
  • Kapasitas data berskala besar – Database MySQL dapat menangani basis data dalam jumlah yang besar, dengan jumlah record lebih dari 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
  • Konektivitas – Database MySQL melakukan koneksi dengan klien dengan menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau named pipes (NT).
  • Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface)

1 comments: