Tuesday, March 4, 2014

Cara Kerja Modem dan Jenis-Jenisnya

Fungsi modem pada jaringan internet adalah untuk memodulasi dan demodulasi sinyal analog. Modulasi merupakan proses transformasi bentuk sinyal yang membawa informasi sementara demodulation melibatkan informasi dari sinyal yang termodulasi.  Modem merupakan sebuah perangkat keras yang melaksanakan dua tugas penting modulasi dan demodulasi sinyal analog. Modulasi merupakan sebuah proses perubahan bentuk sinyal yang membawa informasi. Proses demodulasi melakukan tugas penggalian informasi dari sinyal yang termodulasi. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan dengan menggunakan perangkat seperti radio atau dioda lainnya.
Pada awalnya ditemukannya modem hanya memiliki kecepatan antara 300 bits/ detik. Memang sangat jauh dari kecepatan sekarang ini yang bisa mencapai puluhan Mbps.  Berbeda dengan fungsi router, modem memiliki kekhasan dalam melakukan transmisi datanya. Perbedaan modem dan router dapat digambarkan pada saat melakukan koneksi ke internet.

Fungsi Modem

Selain mengkonversi sinyal digital menjadi sinyal analog, modem juga melakukan tugas lainnya sesuai peran dan fungsinya. Modem akan meminimalkan kesalahan pada saat transmisi sinyal dan mengompresi data yang dikirim melalui sinyal tersebut. Modem juga melakukan tugas mengatur informasi yang dikirim melalui jaringan yang ditanganinya. Berikut adalah fungsi modem yang secara khusus selain fungsi umumnya dalam mentransmisi sinyal.
  • Mengoreksi Error : Modem memiliki fungsi dalam mengoreksi error yang dalam artian apakah informasi yang ia terima rusak/corrupt atau tidak. Modem yang terlibat dalam koreksi error ini membagi informasi ke dalam paket yang disebut frame. Sebelum mengirim informasi ini, modem akan melabelkan masing-masing frame dengan checksum. Checksum adalah metode memeriksa redundansi dalam menyajikan data pada komputer. Modem yang menerima informasi tersebut akan langsung memeriksa apakah informasi tersebut sesuai dengan checksum yang dikirim oleh masing masing modem. Jika gagal untuk mencocokkan dengan checksum yang dikirim informasi tersebut akan dikirim kembali.
  • Mengompresi Data : Untuk mengompresi data akan dilakukan modem bersama dalam satuan bit yang dikirim. Bit tersebut dikelompokkan bersama oleh modem dan selanjutnya akan mengompresi mereka .
  • Flow Control : Modem memiliki variasi yang berbeda dalam kecepatan pengiriman sinyalnya, dengan demikian akan menjadi masalah ketika mereka saling bertukar data. Dengan flow control ini modem akan saling menyesuaikan kecepatan baik menerima ataupun yang mengirim sehingga tidak terjadi overload.

Cara Kerja Modem

Cara kerja modem sebagai fungsinya dalam mentransmisi data cukup mudah dimengerti. Sebuah komputer mengirimkan informasi dalam bentuk sinyal digital. Informasi yang dikirim ini akan ditransmisikan dalam bentuk analog. Ketika modem ini mengirimkan data analog ini, maka modem tujuan akan kembali mengkonversi data analog tersebut menjadi digital. Modem juga ditopang dengan perangkat lunak komputer yang membantu agar dapat terinstall dengan mudah di komputer.

Jenis Jenis Modem

Modem diklasifikasikan sesuai dengan tempat dan posisi pasangnya, cara di mana mereka menerima informasi dan cara mengirimkan sinyal . Berdasarkan kriteria tersebut modem dapat di bagi menjadi 3 jenis yaitu .
  1. Modem Internal dan modem Eksternal Modem : modem internal merupakan modem yang berbentuk papan sirkuit , dipasang di slot ekspansi motherboard. Modem eksternal merupakan modem yang berdiri sendiri, tidak menyatu dalam komputer. Modem eksternal dapat dihubungkan dengan kabel atau media lain ketika ingin digunakan.
  2. Intelligent dan Modem  Standard :Modem standar menerima intruksi dari ketikan keyword dalam komputer. Modem Intelligent merespon perintah dan mengirimkan informasi secara simultan dilakukan dengan bantuan chip mikroprosesor .
  3. Wireless dan Short – Haul Modem : Modem short-haul mentransfer data melalui kabel mereka tidak membutuhkan sumber daya eksternal. Modem wireless tidak memerlukan kabel untuk mengirimkan sinyal dan data.

Fungsi Modem Pada Jaringan Komputer

Fungsi modem memiliki peran penting dalam jaringan komputer. Modem terbukti sangat berfungsi dan menunjang untuk berbagai jenis komputer terutama laptop. Dengan perkembangan teknologi, modem dikembangkan lebih canggih dan memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Modem saat ini banyak digunakan untuk mendukung fasilitas dan membantu dalam menggunakan internet. Dalam era teknologi informasi penggunaan akses internet berkecepatan tinggi seperti broadband dan modem pasti akan tumbuh.

0 comments:

Post a Comment