Tuesday, March 4, 2014

Mengenal dan mengetahui Fungsi DataBase

Fungsi database dalam dunia komputer sangat vital, hampir semua aplikasi penting di dunia menggunakan database untuk menunjang kebutuhan informasinya. Sebelum kita membahas fungsinya, mungkin anda pernah menyimpan uang di bank, mencetak kartu rencana studi, melakukan pendaftaran di rumah sakit, dan mungkin proses pemesanan tiket pesawat online. Dari analogi kehidupan nyata ini, bisa anda bayangkan dimana data anda di simpan? bagaimana ketika anda membutuhkan data tersebut mereka dapat menampilkannya secara cepat. Itulah peran database dalam memberikan kemudahan dalam penyimpanan data dan integritas data agar pada saat dibutuhkan data tersebut dapat di olah secara mudah.
Elemen Pada Sebuah Database
Pada sebuah database ada berbagai elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk sebuah relasi dan saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya.  Ada setidaknya 3 elemen dasar pada sebuah database yang kita kenal.

  1. File / Entity; Objek tempat data atau record di simpan
  2. Record; Merupakan setiap baris data yang ada pada entity
  3. Field / Atribute; bagian dari record seperti kolom.

Fungsi Database

Sebelum membahas fungsi database lebih jauh, perlu diketahui bahwa database berbeda dengan DBMS, database merupakan konsepnya sedangkan DBMS merupakan suatu perangkat lunak untuk pengolahan database. Sehingga perbedaan antara fungsi DBMS dan database dapat anda ketahui.
Database
Fungsi database umumnya memang banyak di terapkan dalam dunia industri, hampir seluruh industri di belahan dunia memanfaatkan teknologi database untuk menunjang sistem dan aplikasinya.
Berikut adalah beberapa fungsi yang melekat pada sebuah konsep database.
  • Mengelompokkan data, database bertujuan untuk mengelompokkan data agar mudah dipahami. Contoh dalam sebuah sistem perpustakaan, ada kelompok data buku, penerbit, transaksi peminjaman, dan mahasiswa.
  • Menghindari terjadinya duplikasi atau inkonsistensi data.
  • Memudahkan dalam menyimpan, mengakses, dan memperbaruhi, serta menghapus data.
  • Menjamin kualitas data dan informasi yang diakses sesuai dengan yang dimasukkan (Integritas data)
  • Menjadi solusi dalam proses penyimpanan sebuah data, terutama data yang besar.
  • Menunjang kinerja aplikasi yang membutuhkan sebuah penyimpanan data.
Dalam menjalankan fungsinya database membutuhkan sebuah DBMS atau Database Management System untuk melakukan pemrosesan data seperti penggunaan Query baik DML ataupun DDL dalam memanipulasi datanya.

Fungsi Database Untuk Kemajuan Teknologi

Fungsi database yang paling umum adalah untuk kemajuan teknologi dan sistem aplikasi, banyak aplikasi penting dunia yang memanfaatkan konsep database. Contoh paling sederhana adalah jejaring sosial Facebook, Google, dan Youtube. Facebook menggunakan database untuk penyimpanan data, begitu juga dengan Google, dan Youtube. Tentu mereka membutuhkan sebuah database untuk menyimpan berbagai informasi yang mereka butuhkan. Tanpa database aplikasi penting dalam dunia internet ini mungkin tidak akan dapat berjalan dengan baik.
Database ini dipelajari secara khusus dalam kuliah ilmu komputer, lulusan dengan spesialisasi database ini akan berpeluang menjadi DBA atau Database Administrator. DBA merupakan orang yang bertugas memonitoring, membuat, mendesain, dan memastikan keamanan database serta melakukan normalisasi database sehingga selalu siap ketika ingin digunakan.

0 comments:

Post a Comment