Tuesday, March 4, 2014

Mengenal Perangkat Lunak Komputer

Bagi pengguna komputer atau berbagai gadget, pernahkah terpikir bagaimana mereka bisa bekerja dengan canggihnya, sehingga fungsinya kita rasakan sampai saat ini?? Bisa diibaratkan, komputer sebenarnya merupakan mesin canggih yang mampu melakukan berbagai tugas-tugas dengan kumpulan instruksi yang di kenal. Instruksi inilah yang membuat seseorang dapat memerintahkan komputer, nah kumpulan instruksi inilah yang biasa disebut dengan perangkat lunak atau software. Bagaimana peran perangkat lunak ini pada komputer?? selengkapnya simak artikel ini.

Perangkat lunak komputer lebih dikenal dengan sebutan software. Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi-instruksi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer dan kemudian, komputer akan melakukan tugas tertentu atas perintah tesebut. Tanpa software, komputer menjadi barang yang sia-sia. Sebagai contoh, tanpa software browser internet pada komputer, pengguna tidak akan mampu untuk menjelajah internet atau membaca halaman tersebut dan komputer tanpa sistem operasi, perangkat lunak browser tersebut tidak akan dapat dijalankan.
Lalu, bagaimana dengan pembuatan perangkat lunak komputer ini? Seorang programmer komputer atau beberapa pemrogram komputer menulis instruksi dengan menggunakan bahasa pemrograman yang memberitahu perangkat lunak bagaimana bekerja terhadap instruksi-instruksi tersebut. Setelah program telah selesai dan dikompilasi ke dalam bahasa yang dapat dimengerti komputer (bahasa mesin).

0 comments:

Post a Comment