Tuesday, March 4, 2014

Tips Merawat Printer Agar Tahan Lama


Cara merawat printer, berikut dengan tips perawatan printer perlu diketahui, agar kinerja printer senantiasa terjaga dan dapat digunakan lebih lama. Bagi para mahasiswa, printer adalah sahabat dekat selain laptop atau PC, jadi tidak hanya cara merawat laptop yang wajib dilakukan namun, printer juga harus diperlakukan dengan baik.
Printer biasanya merupakan perangkat eksternal dari PC. Hal ini karena printer biasanya digunakan secara portebel untuk beberapa PC. Printer berguna untuk mencetak hasil yang diolah pada komputer namun, tidak jarang terjadi masalah seperti hasil cetakan yang buruk, kebocoran tinta dan sebagainya. Untuk itulah cara merawat printer ini harus segera dilakukan.

Cara Merawat Printer

Cara merawat printer yang kurang baik sering menimbulkan permasalahan ketika printer digunakan. Bagaimanapun juga, merawat printer harus dilakukan tidak hanya bagian luarnya saja namun harus memahami cara merawat komponen-komponen di dalamnya, seperti di bawah ini :
  • Perhatikan penggunaan printer. Gunakan printer secara berkala, jangan sampai tidak digunakan dalam kurun waktu yang lama. Head pada cartridge harus senantiasa biasa basah, namun jika lama tidak digunakan akan membuatnya kering dan akhirnya menyumbat proses print.
  • Fitur pembersihan head printer yang biasanya secara langsung bisa digunakan ini, dilakukan secara berkala untuk memudahkan tinta keluar dengan lancar.
  • Cara merawat printer selanjutnya dengan menjaga perangkat tetap bersih, agar tidak ada debu yang bersarang yang menyebabkan tinta macet.
  • Ikuti dengan benar cara pemakaian printer, seperti mematikan laptop yang harus dilakuka dengan memencet tombol power terlebih dahulu. Jangan mencabut kabel langsung tanpa mematikannya.
  • Gunakan kertas yang sesuai dengan printer untuk cara merawat printer tetap awet digunakan. Pastikan kertas tidak lusuh atau ter lipat saat digunakan.
  • Jika menggunakan tinta refill, gunakan tinta isi ulang yang telah direkomendasikan. Isi ulang cartridge memang lebih hemat dari pada membelinya lagi namun, perhatikan isi ulang tinta yang direkomendasikan.
  • Isi ulang cartridge secepatnya setelah tinta, dalam keadaan kosong. Ingat, head cartridge sangat rentan rusak jika kering terlalu lama.

Tips Merawat Printer Yang Mudah Dilakukan

Penggunaan perinter yang sesuai ketentuan adalah cara merawat printer yang wajib dilakukan seperti pada tahapan-tahapan sebelumnya. printer yang ada saat ini ada banyak bentuknya sepeti inkjet, laser dan sebagainya. Beberapa tips merawat printer di bawah ini bisa diterapkan untuk setiap jenis printer agar tetap tahan lama :
Jaga kebersihan printer
Printer dalam keadaan bersih, dapat bekerja sesuai dengan semestinya, tidak macet saat dilakukan pencetakan. Jangan sismpan printer pada tempat berdebu dan tidak digunakan dalam waktu yang lama. Periksa bagian dalam printer, apakah ada benda-benda asing yang tersangkut di dalamnya. Bersihkan printer secara berkala untuk melindunginya dari debu dan kotoran.
Merawat Cartridge printer
Cartridge printer maeruapakan komponen yang paling wajib dirawat karena, cara merawat printer yang telah dilakukan akan sia-sia jika cartridge rusak. Cartridge adalah tempat pengisian tinta, yang biasanya dilakukan pelepasan saat ingin diisi. Simpan pada tempat yang lembut, karena pada cartridge terdapat sinyal yang menghbungkannya pada komputer. Jika bagian tersebut ada yang rusak, bisa dipastikan hasil cetakan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

0 comments:

Post a Comment