Tuesday, March 4, 2014

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Pengertian internet secara resmi telah dikemukakan oleh beberapa ahli IT secara umum Internet merupakan jaringan komputer yang saling berinteraksi dengan menggunakan suatu standar protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP). Internet sebagai media interaksi merupakan singkatan dari interconnection-networking  dan akhirnya di panggil internet saja. Sejarah internet yang panjang memang mengubah nasib banyak masyarakat dunia. Internet mengubah berbagai pola kehidupan dan pekerjaan di berbagai belahan dunia. Banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan dan membantu kehidupan manusia yang sangat canggih dan modern. Begitu banyak penemuan seperti perangkat lunak komputer yang terus dikembangkan dan berbasis online tidak hanya standalone.

Pengertian Internet

pengertian internet
Pengertian internet secara umum adalah kumpulan jaringan komputer yang terhubung baik secara langsung ataupun secara tidak langsung (Nirkabel) antara satu perangkat ke perangkat lainnya yang bertujuan untuk pertukaran data menggunakan protokol TCP/IP. Ada banyak sebenarnya arti internet ini menurut pendapat ahli di seluruh dunia, namun pergeseran makna internet yang perlu disadari adalah internet tidak hanya komunikasi antar perangkat komputer, melainkan juga perangkat lainnya seperti mobile device dan bahkan berbagai bentuk peralatan lainnya.
Pengertian Internet Menurut EngineersGarage
EngineersGarage  mengatakan bahwa tidak ada definisi yang baku untuk internet, internet tidak membatasi diri untuk setiap definisi tertentu. Namun secara umum internet dapat didefinisikan sebagai kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi yang bertujuan untuk mengirimkan informasi. Ada berbagai pengertian lain dari internet menurut ahli dan engineer IT lainnya.
Pengertian Internet Menurut Oxford
Kamus Oxford juga tidak ketinggalan mendefinisikan secara jelas mengenai internet. Menurutnya internet adalah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasi standar.

Pengertian Internet Blogging.co.id

Dari berbagai pendapat ahli dan kumpulan referensi yang ada serta perkembangan teknologi yang terus berkembang. Pengertian Internet adalah suatu komunikasi dalam suatu jaringan kabel atau pun nirkabel menggunakan protokol yang telah terstandarisasi yang dapat menghubungkan perangkat yang satu dengan yang lainnya.

Kesimpulan Tentang Definisi Internet

Ada berbagai kesimpulan menarik mengenai definisi internet ini, secara umum dari perkembangan teknologi berikut adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan.
  1. Pengertian internet tidak bisa disebutkan hanya koneksi antar komputer saja, karena internet saat ini telah dikembangkan untuk komunikasi berbagai alat.
  2. Tidak hanya protokol TCP/IP, karena dapat dihubungkan dengan protokol lain yang telah terstandarisasi.
  3. Dapat mengirimkan data dalam bentuk video, suara, dan teks, namun tentu semuanya dikirim dengan hanya satuan bit yaitu 1 dan 0.
Dalam perkembangannya banyak yang hanya mengenal internet dengan website, banyak orang belajar cara membuat blog dan web untuk menambah pengetahuan di internet. Internet identik dengan situs besar seperti google, facebook, yahoo, youtube, dan wikipedia. Jauh dari itu internet sangat luas, dan manfaatnya juga sangat besar.

0 comments:

Post a Comment