Tuesday, March 4, 2014

Mengenal Macam-macam Web Browser Terpopule


Macam-macam web browser adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh semua orang di dunia. Saat kita melakukan browsing internet dengan media laptop, tablet atau jenis-jenis smartphone yang menjadi trend saat ini, penggunaan aplikasi web browser inilah yang memberikan sarana untuk menjelajahi internet. Lewat web browser inilah yang menampilkan halaman website, melakukan sharing file-file, bermain game dan sebagainya.

Macam-macam web Browser

Aplikasi web browser memilki fungsi untuk menampilkan sebuah website yang digunakan untuk berinteraksi terhadap informasi-informasi yang disediakan oleh sebuah web. Saat pertama kali disiapkan, tampilan web browser hanya berupa teks sebelum seorang mahasiswa Amerikan bernama “Marc Andressen” membuat visualisasi grafis untuk web browser.
Sampai saat ini macam-macam browser dapat dengan mudah dapatkan, namun hanya beberapa saja yang menjadi sangat populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna internet, seperti berikut ini :
Internet Explorer (IE)
Internet Explorer mungkin merupakan web browser yang pertama kali digunakan. Perangkat lunak yang di bawa oleh salah satu sistem operasi terbaik di dunia yaitu Microsoft ini memang menjadi andalannya. Sejak diluncurkan pertama kali tanggal 16 Agustus 1995, IE terus mengalami perkembangan versi dari waktu ke waktu.
Mozilla firefox
Di setiap komputer mungkin akan selalu didapati web browser yang satu ini. Software browser gratis ini dikembangkan oleh yayasan mozilla dan ratusan relawannya. Sejak pertama kali diluncurkan mozilla menjadi perhatian karena dianggap sangat unggul menganai masalah keamanannya seperti jenis malware berbahaya. Di dukung pula dengan tampilan grafis yang baik dan kecepatan akses internet yang tinggi, membuatnya semakin dicintai oleh pemakainya.
Google Chrome
Perusahaan teknologi raksasa ini seakan tidak puas pada kekuasaannya, dengan meluncurkan web browser bernama Google chrome. Versi beta yang diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa ini menyediakan web browser terbaru yaitu “Google Chrome With 3D” dengan keberadaan HTML5. HTML5 mampu mambaca jenis file-file ASCII sebagai instruksi sebuah browser agar tampilan grafis pada sebuah halaman web.
Flock
Web browser yang memberikan kenyamanan menjelajah sosial median ini memang sangat terkenal pada fitur web browser penyedia jejaring sosial. Browser sosial internasional berbasis firefox ini memberikan pengalaman baru bagi pecinta sosial media terpooulr. Kemudahan cara membuat facebook, bertwitter, atau Skype menjadi andalan web browser flock yang tak tergantikan.
Opera
Perangkat lunak rowser antar platform ini diluncurkan oleh pembuatnya oleh Opera software yang ada di Oslo, Norwegia. Proyek yang di mulai pada tahun 1994 ini menghasilkan fitur yang kemudian banyak di tiru oleh pesaingnya. Fitur seperti browser pop-up, integrasi dengan tool translasi, filter URL, low bandwidth menjadi kelebihan utama Opera.
Meskipun begitu, hanya sedikit pengguna opera dibandingkan dengan web browser lain namun, untuk keluaran browser mobile yaitu Opera mini masih menjadi nomer satu.

Jenis Web Browser Lainnya

Macam-macam web browser di atas memang masih menjadi yang terdepan di antara lainnya, namun jenis web browser berikut ini, menawarkan pengalaman berselancar di dunia maya yang berbeda :
  • ShenzBrowser
  • Slim Browser
  • Swift
  • Wyzo
  • Amaya
  • Dillio
  • Epiphany
  • HotJavaBrowser
  • Konqueror
  • Links
  • Lolifox
  • Mozilla SeaMonkey
  • NetScape
  • Palary Browser
  • Safari
Kemudahan cara membuat blog memang tidak terlepas dari kemajuan web browser, berbagai jenis web siap menjadi perantara dalam membuka blog yang dibuat sebagian besar blogger yang dibuat dari berbagai bahasa pemrograman web yang berbeda.

0 comments:

Post a Comment